Himbauan
Jalan raya Jogja - Wonosari Sudah Selesai di Perbaiki, Jalan sudah Mulus, Tetap Hati Hati Berkendara di Jalan Raya.
Ucapan
Kami segenap Team Goapindul.co.id Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Mohon Maaf Lahir Batin
Himbauan
Bila Anda sedang di perjalanan menuju goa pindul, abaikan spanduk spanduk yang berisi informasi goa pindul di pinggir pinggir jalan, pastikan Anda di jemput team Goapindul.co.id
081327537917 (Simpati)
087736457488 (XL)
5EA00D77
5EA00D77


Wisata Cave Tubing Goa Pindul

Friday, July 8th 2016. No ratings yet.

Artikel kali ini akan mengulas seputar Cave Tubing Goa Pindul yang merupakan obyek wisata yang sangat populer di Jogja saat ini. Goa Pindul sendiri adalah lokasi wisata yang berlokasi di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, tepatnya di Desa Bejiharjo yang terletak di Kecamatan Karangmojo.

Wisata Cave Tubing Goa Pindul

Sebelum Cave Tubing Goa Pindul dikenal publik, Goa ini dalam kondisi yang terlantar, hanya dihuni oleh kelelawar dan sebagai tempat pembuangan sampah warga sekitarnya. Setelah pembersihan besar-besaran, barulah pada tahun 2010 pemerintah menetapkannya sebagai salah satu obyek wisata dan menamainya dengan Goa Pindul.

Cave Tubing Goa Pindul terkenal karena keunikan kegiatan wisatanya, di mana para pengunjung menyusuri sepanjang goa yang berisi aliran sungai dengan menggunakan alat-alat keselamatan seperti ban karet, baju pelampung, sepatu karet, head lamp, serta dipandu oleh seorang pemandu dari warga lokal.

Tahukah Anda dengan kegiatan rafting (arung jeram), di mana orang-orang menyusuri aliran sungai dengan menggunakan perahu? Nah, wisata Cave Tubing Goa Pindul hampir sama dengan itu, hanya saja kegiatan Cave Tubing di sini dilakukan dengan menggunakan ban dalam.

Sekilas mungkin terdengar menakutkan, padahal kenyataannya kegiatan cave tubing ini aman dilakukan bahkan oleh anak kecil dan orang hamil sekalipun.
Goa Pindul memiliki ukuran panjang sekitar 350 meter, sehingga kegiatan Cave Tubing Goa Pindul ini memakan waktu berkisar 45 menit hingga 1 jam. Tingkat kedalaman air sungainya berkisar 5-12 meter , lebar goa hingga 5 meter, sedangkan jarak air dengan permukaan atap berkisar 4 meter.

Aliran sungai Goa Pindul berasal dari mata air Gedong Tujuh. Aliran airnya tidak begitu deras sehingga aman dan tidak berbahaya. Ada beberapa mitos berkaitan dengan sejarah awal Goa Pindul. Dalam kegiatan Cave Tubing Goa Pindul, pemandu akan menceritakan mitos tersebut disamping menerangkan berbagai hal menarik yang ada di dalam goa tersebut.
Ketika meyusurinya, para pengunjung nantinya akan melewati tiga zona yang terdapat di bagian dalam goa; Zona terang, zona remang, serta zona gelap. Di zona terang, para pengunjung bisa berenang dan juga bisa melihat jelas ikan-ikan besar yang berenang di dalamnya. Para pengunjung akan merasakan sensasi tersendiri pada setiap zona yang ada.
Dalam kegiatan Cave Tubing Goa Pindul, para pengunjung juga akan disuguhi dengan pemandangan indah berupa moonmilk , batu kristal, serta stalagtit dan stalagmit yang sangat indah. Stalagtit yang ada di dalamnya sudah menyatu dengan stalagmit dan membentuk sebuah pilar raksasa berusia ribuan tahun. Stalagtit tersebut berada pada peringkat no.4 terbesar di dunia.

Sebelum kegiatan Cave Tubing Goa Pindul berakhir, pada pengunjung akan tiba di sebuah ruangan goa vertical yang memancarkan cahaya yang indah dari atas. Keindahan pancaran cahaya tersebut hanya bisa dinikmati saat cuaca cerah pada kisaran jam 10-12 siang. Kegiatan penyusuran akan berakhir pada sebuah dam yang dibangun sejak zaman Belanda yang berlatar belakang perbukitan karst.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati keunikan wisata Cave Tubing Goa Pindul tidak terlalu menguras isi kantong, hanya sebesar Rp40.000 per orang. Biaya tersebut sudah mencakup penyewaan ban, jaket pelampung, head lamp, sepatu karet, serta bayaran seorang pemandu wisata.

Sekedar memberi informasi bahwa sejak tanggal 20 desember 2014, pemerintah daerah kabupaten Gunungkidul mengeluarkan kebijakan berupa penarikan retribusi masuk ke kawasan Goa Pindul sebesar Rp.10.000 dari setiap pengunjung. Retribusi ini berbeda dengan biaya paket wisata Cave Tubing Goa Pindul yang telah disebutkan sebelumnya.

Nilai Kualitas Informasi:

Comments are closed.

Di Tunggu Komentarnya ya..